Organisasi Mahasiswa

Apa itu BEM ?

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat Universitas atau Institusi. BEM FK UNIPA merupakan salah satu organisasi mahasiswa terutama di Fakultas Kedokteran Universitas Papua. Dibentuk pertama kali pada tanggal 29 November 2016 yang dijabati oleh ketua Indah Ein Fajarwati Wainsaf, S.Ked dan wakil Wisnu Gandhi Triwibowo, S.Ked aluni angkatan 2014 dari tahun 2016-2017. Periode ke II dijabati oleh ketua Yusniar Okta Sari, S.Ked dan wakil Yenny M. Aronggear, S.Ked aluni angkatan 2015 dari tahun 2017-2018. Periode ke III dijabati oleh ketua Ketrina S. Burdam dan wakil Annisa Syafira angkatan 2016 dari tahun 2018-2019. Periode ke IV dijabati oleh ketua Magdalena Thely Thebu dari angkatan 2016 dan wakil Arsen Sandiki Krey dari angkatan 2018, menjabat dari tahun 2019-2020. 

Dalam melaksanakan program kerja, BEM FK UNIPA memiliki beberapa departemen yaitu:

Departemen Pengabdian Masyarakat dan Kajian Strategi (PMKASTRAT)

Salah satu bidang dari BEM yang khusus untuk membantu masyarakat dalam suatu aktivitas tanpa mengharapkan imbalan, serta PM KASTRAD juga mengkaji isu-isu panas yang berada dalam masyarakat dan lingkungan kampus maupun yang berhubungan dengan topik kesehatan. Dalam hal pengabdian masyarakat, PM KASTRAD bertujuan membangun jiwa kemanusiaan mahasiswa, melatih komunikasi dengan masyarakat. Sedangkan dalam hal kajian masyarakat, PM KASTRAD bertujuan mengkaji isu-isu panas untuk melatih sifat kritis, dan mencari rekomendasi yang tepat.

Departemen Pengembangan Sumberdaya Manusia (PSDM)

Bidang pengembangan sumber daya manusia (PSDM) adalah bidang yang bertugas dalam mengatur dan mensinergiskan alur kaderisasi serta membentuk dan mengembangkan potensi mahasiswa sehingga menjadi mahasiswa yang berkualitas.Departemen Pendidikan dan Profesi (PENPRO)

Bidang Pendidikan dan Profesi berfungsi sebagai sarana perencanaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Papua serta sharing ilmu dan informasi terkait pengembangan pendidikan dan profesi mahasiswa Fakultas Kedokteran Indonesia. Peran strategis yang dimiliki oleh bidang Pendpro yaitu merencanakan dan melaksanakan konsep pengembangan pendidikan dan profesi di Fakultas Kedokteran Universitas Papua, dengan bentuk kegiatan yaitu penyampaian informasi mengenai ilmu pengetahuan kedokteran serta kaitannya dengan pendidikan dan profesi dengan konsep “dari mahasiswa, oleh mahasiswa, dan untuk mahasiswa”.

Departemen Dana dan Usaha (DANUS)

DANUS adalah salah satu divisi dalam kepengurusan BEM yang bertanggungjawab dalam hal finansial BEM dengan melakukan berbagai usaha dalam pencarian dana.

Departemen Minat dan Bakat

Bertanggung jawab terhadap segala bentuk pengembangan minat dan bakat mahasiswa FK UNIPA khususnya dalam pengembangan potensi mahasiswa di bidang olahraga dan seni, mewujudkan segala sesuatu yang berhubungan dengan nilai-nilai sportivitas dan kreativitas mahasiswa, serta mempererat tali kekeluargaan di antara civitas FK UNIPA.

Departemen Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK)

TIK merupakan departemen yang bergerak dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi informasi merupakan berbagai hal yang berhubungan dengan proses pengolahan informasi meliputi menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi dalam bentuk suara, gambar, maupun teks.  Teknologi komunikasi merupakan kegiatan penyampaian informasi yang telah diolah menggunakan media-media yang ada, baik cetak maupun elektronik. Bidang TIK berfungsi sebagai pengolah informasi dengan menggunakan teknologi dan mempublikasikan informasi tersebut dengan memanfaatkan teknologi komunikasi.

Departemen Kerohanian Kristen (ROHKRIS)

Sebagai wadah atau tempat untuk menjalin hubungan persaudaraan dan mengembangkan iman kekristenan secara khusus  seluruh  Mahasiswa/i  Kristen di FK UNIPA. Memperkuat dan menumbuhkan  iman Kristen setiap Mahasiswa/i  lewat program kerja yang direncanakan selama satu tahun periode kepengurusan, membentuk mahasiswa Kristen yang takut akan Tuhan, memperkuat tali persaudaran antara setiap Mahasiswa/i.

Departemen Kerohanian Islma (ROHIS)

Salah satu bidang dari BEM yang  khusus untuk mempelajari, mengkaji dan membantu memperkuat       ajaran Islam di kalangan Mahasiswa Muslim. ROHIS bertujuan membangun pribadi Mahasiswa Muslim dalam hal     pengetahuan dan sikap, yang menjadikan Al-Quran dan As-sunah        sebagai pedoman hidup sehari-hari dan bermasyarakat.  Tujuan ROHIS tersebut akan direlasikan melalui kegiatan khususnya      internal kampus. ROHIS berfungsi sebagai sarana meningkatkan ikatan Ukhuwah Islam   antar sesama Mahasiswa Muslim serta mengajarkan sikap toleransi      yang tinggi kepada Mahasiswa Muslim terhadap semua kalangan.

Struktur Organisasi BEM

Pengurus BEM

Periode 2016-2017
Periode 2017-2018
Periode 2018-2019
Periode 2019-2020