Pembelajaran


cropped-slider3.jpg


Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang digunakan dalam Kurikulum PSPD UNIPA mengutamakan aspek pembelajaran aktif dengan tahap orientasi (pengenalan ilmu), latihan (pengembangan keterampilan) dan umpan balik (evaluasi pembelajaran), dengan beragam bentuk kegiatan:

  • Kuliah Interaktif
  • Diskusi
    • Collaborative Learning
    • Problem Based Learning
  • Praktikum Biomedik
  • Keterampilan Klinik Dasar
  • E-learning
  • Pengalaman Belajar
    • Lapangan
    • Klinik
  • Presentasi Kasus

Evaluasi Hasil Pembelajaran

Dalam menilai hasil pembelajaran peserta didik PSPD UNIPA, pengelola melakukan evaluasi terhadap dua hal:

  1. Pengetahuan & Keterampilan
    Evaluasi dilakukan dalam bentuk ujian formatif dan sumatif (ujian tulis/lisan), ujian praktik (OSCE, Mini CEx, DOPS dan lain-lain), penilaian logbook, dan portfolio
  2. Proses
    Penilaian dilakukan melalui kegiatan diskusi, praktikum serta buku catatan

Keseluruhan penilaian tersebut digabungkan dan dihitung menjadi nilai akhir. Peserta didik yang tidak memenuhi nilai batas minimal kelulusan akan mengikuti remedial. Bagi peserta didik yang tidak lulus setelah mengikuti remedial diperkenankan mengulang pada kesempatan berikutnya.


Penerimaan Mahasiswa Baru

Mahasiswa baru FKUNIPA yang diterima adalah maksimal sebanyak 50 orang di tiap tahunnya. Proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui Seleksi Lokal (melalui Ikatan Dinas-Beasiswa Daerah dan Jalur Reguler/Mandiri). Calon mahasiswa yang lulus seleksi lokal akan mengikuti seleksi tahap lanjutan yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Adapun seleksi yang dilakukan berupa ujian tulis dan wawancara (psikometrik). Calon mahasiswa yang telah lulus dalam keseluruhan tes akan diterima sebagai mahasiswa baru dan pengumuman kelulusan akan disampaikan secara resmi oleh UNIPA secara tertulis, termasuk di media cetak lokal. LIHAT RINCIAN.